Spreadsheed

Microsoft Excel

1.1      Pengertian Microsoft Exel

     Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.

       Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel.

      Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini. Para ahli computer menciptakannya untuk mempermudah kita dalam keuangan dalam kehidupan kita.

    Didalam program ini kita dapat membuat grafik menggunakan program Microsoft Excel.Dengan cara menggunakan bantuan tombol Toolbar Chart Wizard. Kita dapat memilih grafik dengan bentuk yang kita inginkan, seperti bentuk lingkaran, garis, kolom, area, radar, dan scatter. Kita dapat memilihnya dgn cara mengklik Tab Custom Types.

   Didalam program ini kita juga dapat menggunakan Wordart semacam bentuk huruf atau model huruf yang merupakan variasi teks dan juga toolbar drawing yang digunakan untuk membuat garis, kotak, dan lingkaran. Kita dapat menggunakannya dengan cara mengklik insert, pilih picture setelah itu klik Wordart maka akan tampil variasi huruf yang menarik.

    Microsoft Excel memiliki fasilitas yang sangat modern yaitu pengurutan data secara otomatis. Cara pengurutannya juga dapat dibedakan menjadi 2 yaitu

1.        Ascending / pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.

2.        Descending / pengurutan dari yang besar ke yang kecil.

Microsoft EXCEL adalah salah satu program spreadsheet yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi di seluruh dunia. Dalam perkembangannya

Microsoft Excel dibuat dalam berbagai jenis platform, semula dalam versi DOS, kini juga ada dalam versi Windows, versi OS/2, versi MacOS dan versi Windows NT. Program Microsoft Excel seperti program jenis spreadsheet pada umumnya, digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan tabel, angka-angka dan grafik. Misalnya untuk membuat tabel daftar nama siswa berikut nilai ulangannya, rata-rata nilainya serta grafik nilai siswa. Dalam aplikasi perkantoran misalnya untuk membuat tabel daftar karyawan berikut posisi jabatan masing-masing karyawan dan besarnya gaji serta tunjangannya, dan masih banyak lagi lainnya.

1.2      Mengenal Spreadsheet

1.        Tampilan Menu Excel

Elemen-elemen Excel yang perlu Anda ketahui adalah :

1. Title Bar, letaknya paling atas, berisi judul program dan nama file  yang dibuka, ditampilkan nama program yang digunakan yaitu Microsoft Excel dan nama file yaitu Book 1 yang terdiri atas :

1.    Lajur Menu, berisikan menu-menu Excel seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help 

2.  Standard Toolbar, berisikan icon standard Excel untuk file baru, membuka, menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy dll. 

3.    Format Toolbar, berisikan icon-icon yang mengubah tampilan format data, seperti tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring (I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%), menambah atau mengurangi tampilan desimal dll (Perhatikan Gambar 3 dibawah ini).Lajur Rumus, terdiri atas dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang aktif (pada Gambar 3 dibawah berikut ini tertulis B3), sementara di sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif tersebut. Karena isi data pada contoh gambar ini kosong (tidak ada) maka pada lajur rumus juga ditampilkan kosong. 

4. Area lembar kerja (worksheet) adalah bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom yang ditandai dengan huruf A, B, C dan seterusnya, lalu beberapa baris yang ditandai dengan angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Perpotongan antara kolom dan baris disebut juga sel. Dalm contoh diatas, sel yang aktif adalah sel B3 artinya terletak diperpotongan antara kolom B dan baris ke-3. 

5.    Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan.

1.4     Mengenal Workbook dan Worksheet

Sebuah dokumen excel biasa disebut dengan workbook (buku kerja). Sebuah workbook umumnya memiliki beberapa worksheet (buku kerja), secara default sebuah workbook excel memiliki 3 buah worksheet. Setiap worksheet biasanya mewakili sebuah halaman dokumen. Sebuah worksheet memiliki tampilan sama seperti tabel dalam MS Word, tetapi dengan kemampuan perhitungan yang lebih komplit dibandingkan kemampuan darti tabel Ms Word. Sebuah Workbook terdiri dari 3 buah worksheet yang diberi nama Sheet 1, Sheet 2, dan Sheet 3.

1.5      Menambahkan WorkBook

Tekan tombol ctrl bersamaan dengan tombol N (ctrl + N) pada keyboard

1.6      Menambahkan Worksheet

Tekan tombol Shift+F11 pada keyboard

1.7     Fungsi-fungsi yang sering digunakan 

1.  SUM, bentuk penulisan fungsi SUM adalah =SUM (angka1 angka2;….) 

2.  AVERAGE, digunakan untuk menghitung rata-rata. Bentuk penulisannya adalah =AVERAGE(nilai1;nilai2;..) 

3.  MAX, digunakan untuk mencari nilai maksimal dari satu set data. Bentuk penulisannya adalah =MAX(nilai1;nilai2;..) 

4.    MIN, digunakan untuk mencari nilai minimal dari satu set data. Bentuk penulisannya adalah =MIN(nilai1;nilai2;..)

5. COUNT, digunakan untuk menghitung berapa buah argumen yang berisi data numerik. Bentuk penulisannya adalah =COUNT(argumen1;argumen2;…) 

6.  STDEV, digunakan untuk menentukan standart devlasi daru suatu data (range). Bentuk umum penulisannnya adalah =STDEV(number1;number2;..). Dimana number1, number 2 dan seterusnya adalah range data koresponden yang akan dicari nilai standar devisiasinya 

7. VAR, digunakan untuk menentukan nilai variance dari suatu data (range). Bentuk umum penulisannya adalah =VAR(number1;number2;..)

v       Fungsi Logika adalah NOT, AND, OR, dan IF

v    Fungsi Pencarian dan Rujukan adalah VLOOKUP,HLOOKUP, LEFT, MID, RIGHT

Pr     Microsoft Excel sering disebut dengan spreadsheet (lembar kerja elektronik) yang beroperasi di bawah sistem operasi windows.

         Kegunaan Microsoft excel adalah sebagai berikut:

1.   Bidang Akuntansi, Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.

2.  Kalkulasi Matematis, Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya

3. Pengelolaan Data, Penggunaan pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data

4. Pembuatan grafik, Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan nilai komputer siswa dalam lima tahun, grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswa selama 10 tahun, dan sebagainya.

5.  Operasi Tabel ,dengan jumlah baris pada micsoft excel yg mencapai 1.084.576  dan jumlah kolom16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

Sumber http://www.scribd.com/doc/46695458/Kegunaan-Microsoft-Excel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s