Tahun Baru

Memaknai Momentum Hijrah Nabi

Tidak terasa kita telah memasuki tahun 1434 H, mudah-mudahan kita di tahun yang baru ini semakin baik dari tahun kemarin. oleh karena itu puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan nikmat kepada kita baik kecil maupun besar termasuk nikmat iman,dan islam yang merupakan nikmat terbesar juga sehat walafiat. Salawat serta salam selalu semoga selalu tercurah kepada junjungan kita semua Baginda Nabi Besar Muhammad SAW . Semoga kita termasuk umat yang akan mendapatkan syafa”atul udzma di yaumil”akhir nanti.

Dalam rangka menyambut datangnya bulan Muharram, ini tidak ada ungkapan yang patut kita ekspresikan selain ungkapan syukur kita ke Hadirat allah SWT dengan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Datangnya tahun baru Hijjriah berarti usia kita semakin bertambah dan kesempatan hidup kita semakin berkurang 

Pada kesempatan beberapa hari yang lalu kita instrospeksi (Evaluasi)…apakah banyak kebaikan yang kita persembahkan kepada Allah? Atau perbuatan tertentu justru melakukan perbuatan tercela ?


Peristiwa Hijrah

Dalam perjalanan sejarah islam ,hijrah kita ketahui perjalanan Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke kota Yastrib (Madinah) hal ini dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW saat masih berdakwah dan berada di kota Mekkah mendapatkan rintangan, cacian, bahkan ancaman yang sangat dasyat dari para kafir Quraisy. Mereka mencaci, menghina, mengejar, bahkan menangkap dan juga tidak segan menyiksa orang-orang yang jelas mendukung perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW.

            Semua yang mereka lakukan adalah bertujuan agar perjuangan dakwah beliau berhenti. Namun kenyataan tidak mampu mengetarkan semangat perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW, bahkan bertambah kuat pengikut ajaran agama yang didakwahkan Nabi Muhammad SAW yaitu, Islam.

Peristiwa  hijrahnya Nabi Muhammad SAW dengan para sahabat sama sekali bukan sikap kalah namun, dilakukan karena mendapat perintah langsung dari Allah melalui wahyu, demi kesuksesan dalam berdakwah.

Dari sekilas sejarah ada beberapa hikmah yang bisa kita ambil : 

Mempertahankan keyakinan dan keimanan kepada Allah SWT

bagaimana mungkin kita bisa mengetahui, mengukur kualitas keyakinan dan keimanan kepada Allah SWT jika kita tidak menerima ujian dan cobaan ? bukankah kita saja yang mau naik kelas dengan ujian, Nabi maupun Rasul juga tidak lepas dari ujian dan cobaan untuk mengukur kualitas keimananan kepada Allah SWT.(Az Zuhkruf 6 & 7), (Al Ankabuut 2&3 )

 

Hijrah hanya untuk Allah.

berpindah dari suatu tempat demi mempertahankan keyakinan dan keteguhan iman kepada Allah SWT tidak hanya fisik, namun hati, keikhlasan dalam beribadah, kekhusukan shalat, kesungguhan memohon kepada Allah SWT dll.

Tawakal kepada Allah    

Bahkan dalam kondisi seberat apapun jangan pernah putus asa dengan rahmat Allah SWT. Berbaik sangkalah kepada Allah SWT .Tetap selalu berusaha, semaksimal mungkin barulah kita berserah diri

(tawakal) kepada Allah. Manusia hanya bisa berusaha,namun keputusan ada ditangan Allah.

Janji Allah dalam (At Thalag 2&3)

    

Makna dan Pesan Hijrah 

1. hijrah dari kebodohan ke alam pencerahan.

perbaikan di pendidikan, skill, agar bisa bersaing di manapun secara “Fair”

2. hijrah dari keburukan kearah kebaikan.

   segala perbuatan yang ada korup, membuat kerugian orang lain, diganti sikap yang baik.

3. hijrah dari konflik ke perdamaian.

4. hijrah dari ketidakpedulian kearah keperdulian

5. hijrah dari kepekaan moral ke kepekaan sosial.

6. hijrah dari egoistik ke sosialistik (humanis).

demikian makna dan pesan hikmah yang hendaknya kita resapi dan melaksanakan , dari peristiwa hijrah Nabi,

Merajut persaudaraan dengan keikhlasan

Mentautkan hati di jalan illahi

Menguatkan doa dalam sajadah cinta

Menenggelamkan jiwa menuju ridlonya

Selamat Tahun Baru 1434 H  ( 1 Muharam )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s